Jumat, 01 November 2013

tips berbicara efektif saat presentasi


Mengatur Suara Disaat Presentasi

Misalnya suatu saat anda sedang dalam proses peluncuran sebuah perusahaan atau berbicara untuk mengungkapkan ide bisnis dihadapan kolega atau boss anda, anda kemungkinan besar sudah mendedikasikan waktu untuk menyiapkan segalanya agar lebih sempurna.
Artikulasi memainkan peran besar dalam hal ini, bagaimana orang lain memandang Anda . Semua ketulusan anda , kredibilitas dan kepercayaan, semuanya akan terungkap dalam pidato anda .
Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan suara anda lebih efektif dan dimengerti oleh audiens

  • Pelan sedikit. Hindari berbicara cepat . Ketika anda berbicara terlalu cepat , anda mungkin akan tersandung ketika mengucapkan kata-kata . Memperlambat pidato,memungkinkan audiens lebih memahami kalimat demi kalimat yang anda ucapkan
  • Perhatikan posisi dan bahasa tubuh saat berbicara. Berdirilah saat berbicara dengan kelompok yang lebih besar . Arahkan suara dan mata kepada audiens untuk mengekspresikan rasa percaya diri.
  • Mengatur volume suara dan sesuaikan dengan jumlah audiens. Bila perlu,gunakan microfon bila audien banyak. Ini dimaksudkan agar audiens yang berada dijajaran paling belakang,bisa menyimak pidato anda
  • Hindari dialek kedaerahan anda . Kadang-kadang pembicara tidak menyadari bahwa aksesn suara yang keluar “merujuk” kedialek bahasa daerah asal suku sipembicara. Ini mungkin hal sepele,namun audiens bisa saja lebih condong menikmati dialek anda dari pada isi dari pidato anda
  • Variasikan nada bicara anda untuk memperkuat pesan yang anda sampaikan . Dalam hal ini nada tinggi dan rendah sangat mempengaruhi eksibilitas anda. Ketika Anda mengajukan pertanyaan , akhirilah dengan nada tinggi
  • Perhatikan tempo irama bahasa anda. Kapan ketika berbicara cepat dan kapan berbicara harus diperlambat. Meningkatkan tempo , atau kecepatan saat berbicara,konon merupakan tindakan yang bisa meningkatkan kepercayan diri serta kegembiraan
  • Jeda disaat yang tepat . Jeda sebentar sebelum dan setelah anda membuat poin penting atau transisi antara ide-ide . Dengan melakukan ini ,akan memberikan kesempatan kepada para audiens untuk memproses komentar yang anda sampaikan sebelumnya
  • Mengatur emosi suara . Emosi anda harus cocok dengan apa yang anda katakan dan apa yang ingin audiens rasakan. Ketika anda mampu menerapkan situasi ini secara efektif, anda dapat menerapkannya ke semua bidang kehidupan bisnis serta kehidupan sosial anda . Ini adalah keterampilan baru yang mungkin memerlukan beberapa waktu untuk menguasainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar